Apa itu Japanese Encephalitis, Kita Wajib Tahu

Lebu Katiup Angin 06 September 2024 10:42:37 WIB

https://desakalitekuk.gunungkidulkab.go.id/   Kalitekuk 6/9;  Apa itu Japanese encephalitis kita wajib tahu. Japanese encephalitis adalah radang otak yang disebabkan oleh Japanese encephalitis virus. Penyakit ini menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi virus tersebut. Meski umumnya bergejala ringan, sebagian kasus Japanese encephalitis dapat menyebabkan radang otak yang berakibat fatal. masuk dalam kategori penyakit menular dimana orang orang yang rentan terpapar biasanya pada anak-anak, terutama yang berusia kurang dari 10 tahun. Virus ini tidak dapat menular antarmanusia melainkan melalui nyamuk. Japanese encephalitis virus terjadi ketika nyamuk menggigit hewan yang terinfeksi virus ini, umumnya babi dan burung air. Nyamuk tersebut kemudian dapat menyebarkan virus ke manusia melalui gigitannya. Meskipun jarang terjadi, Japanese encephalitis ini dapat mengakibatkan kondisi yang tidak baik. Angka kematian penyakit ini mencapai 20–30% dari keseluruhan kasus, dan sebanyak 30–50% kasus mengakibatkan gangguan saraf permanen. Berdasarkan data publikasi Badan Kesehatan Dunia atau WHO, diperkirakan terdapat sejumlah 67.900 kasus baru per tahun di 24 negara di kawasan Asia dan Oceania. 

Tujuan dari imunisasi Japanese Encephalitis (JE) adalah untuk mencegah penyakit radang otak yang disebabkan oleh virus JE dan ditularkan oleh nyamuk Culex. Imunisasi ini juga bertujuan untuk: Membentuk kekebalan tubuh anak terhadap penyakit JE, Membuat anak lebih sehat dan produktif, Membantu anak bersekolah dengan baik, Menghemat pengeluaran keluarga untuk berobat

Langkah pemerintah terkait Japanese Encephalitis (JE) di antaranya: 
-Melakukan program imunisasi JE secara gratis kepada masyarakat 
-Menjadwalkan pemberian satu dosis imunisasi JE pada anak usia 10 bulan, mulai November 2024 
-Melakukan imunisasi JE di berbagai tempat, seperti Puskesmas, Posyandu, sekolah, dan pos imunisasi
 
Dalam hal ini salah satunya Puskesmas Semin 1  bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Kalitekuk melaksanakan serangkaian kegiatan imunisasi bagi warga (anak anak) yang sudah di himpun datanya oleh para kader kesehatan kalurahan pada hari ini 6 september 2024 ertempat di Balai Kalurahan Kalitekuk.
 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung